Diterima sebagai karyawan baru di kantor impian Anda? Selamat! Tentu Anda merasa senang dan tidak sabar untuk segera memulai petualangan baru di tempat kerja, bukan? Namun, jika perasaan bahagia tersebut dibarengi dengan perasaan gugup karena akan menginjakkan kaki di lingkungan yang baru, dengan senang hati kami berikan beberapa tips untuk melewati hari pertama bekerja untuk Anda!
1. Pelajari rute perjalanan ke kantor
Terlambat datang di hari pertama bekerja bukanlah pilihan yang bagus. Selain memberikan kesan pertama yang buruk, Anda akan merasa panik dan sulit mengerjakan apa yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu menghafal rute perjalanan Anda ke kantor dan mempersiapkan apa saja yang Anda butuhkan semalam sebelumnya.
Caranya sendiri tidak rumit, Anda dapat mengecek aplikasi peta seperti Google Maps atau Waze dan bertanya kepada kerabat atau teman Anda. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, cari tahu juga angkutan apa saja yang dapat membawa Anda ke kantor. Pilihlah angkutan yang tercepat dan efisien agar tidak repot bergonta-ganti kendaraan.
Jika ingin memiliki persiapan yang lebih matang, Anda dapat mencoba rute dari rumah ke kantor baru beberapa hari sebelum hari H. Siapa tahu, dengan begitu Anda bisa memprediksi sendiri hambatan apa saja yang mungkin Anda temui di jalan atau mungkin menemukan jalan alternatif yang akan mempercepat perjalanan Anda ke kantor.
2. Kenakan pakaian terbaik Anda
Kesan pertama yang dapat dilihat oleh atasan dan teman-teman kantor baru Anda adalah penampilan fisik dan outfit Anda. Untuk memberikan kesan pertama yang baik, tidak ada salahnya memakai pakaian terbaik Anda. Pakaian yang terbaik bukan berarti harus formal dan baru, pakaian terbaik adalah pakaian yang akan menambah percaya diri dan tentunya sesuai dengan lingkungan kerja Anda.
3. Lihat, dengar, dan perhatikan
Di hari pertama bekerja, pasti akan ada banyak hal yang perlu Anda ketahui. Biasanya Anda akan diberikan arahan oleh HR, rekan kerja baru Anda, atau langsung diarahkan oleh bos Anda tentang cara kerja dan lainnya. Agar tidak terlewat satu pun, catatlah informasi-informasi tersebut dalam buku catatan Anda. Jika masih ada hal-hal yang Anda kurang pahami, jangan malu untuk bertanya.
4. Be humble
Bersikaplah ramah dan menerima semua informasi dengan rendah hati. Jangan bersikap sok tahu di hari pertama Anda di kantor, lagi pula mindset bahwa Anda tidak mengetahui apa-apa akan mempermudah Anda untuk menyerap informasi yang Anda butuhkan selama bekerja. Biarlah karakter Anda keluar dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.
Perbanyaklah senyum dan jangan terlalu banyak bicara di hari pertama. Fokus saja pada job desk yang bos Anda arahkan. Beradaptasi saja dulu dengan lingkungan dan tata cara bekerja di kantor tersebut.
5. Bawa bekal makan siang Anda sendiri
Membawa bekal bukan hanya untuk berjaga-jaga karena Anda belum tahu di mana para pegawai biasa makan siang atau berapa harga makanan di kantin kantor Anda, tetapi akan membantu Anda beradaptasi.
Anda dapat memanfaatkan waktu makan siang Anda di hari pertama untuk mengenal tempat kerja, terutama wilayah kubikel Anda. Sambil memakan bekal, Anda dapat mengecek email dan juga mempelajari job description Anda.