Siaran pers

Februari 23, 2017

Sun Life Financial Indonesia Gelar Seminar Edukatif Asuransi Syariah untuk Masyarakat Aceh

Siaran Pers

UNTUK DISIARKAN SEGERA

 

Sun Life Financial Indonesia Gelar Seminar Edukatif Asuransi Syariah untuk Masyarakat Aceh

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai produk, nilai-nilai, manfaat dan peluang bisnis asuransi syariah

 

Banda Aceh, 23 Februari 2017 – PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menggelar seminar edukatif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Aceh terhadap asuransi syariah. Seminar ini menghadirkan pembicara dari Sun Life, MES, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memberikan pemahaman komprehensif tentang nilai-nilai utama dan manfaat ekonomi dan asuransi syariah.

Norman Nugraha, Chief Agency Officer Syariah Sun Life Financial Indonesia, mengatakan bahwa tujuan kerja sama Sun Life dengan MES adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perencanaan finansial syariah. Selain untuk meningkatkan pangsa pasar asuransi syariah khususnya di Aceh, kerja sama ini juga dimaksudkan untuk membuka wawasan baru mengenai besarnya peluang bisnis yang ditawarkan oleh asuransi syariah.

““Sun Life percaya bahwa asuransi syariah dengan nilai-nilai keutamaannya menawarkan manfaat yang besar bagi masyarakat luas, tanpa memandang latar belakang sosial dan kepercayaan yang dianut. Kami yakin nilai-nilai bisnis yang ditawarkan seperti adil, transparan dan universal, akan diterima dengan baik oleh masyarakat di manapun, termasuk di Aceh, yang memegang teguh nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Norman.

Pentingnya sosialisasi dan edukasi yang berkelanjutan mengenai asuransi syariah menjadikan Sun Life terus memperkuat komitmennya untuk mendorong pertumbuhan sektor ini. Komitmen ini diwujudkan dengan mengenalkan positioning baru agensi syariah Sun Life sebagai Modern Syariah Insurance Expert (MSIE) yang menjadikan pembeda dari keagenan asuransi syariah lain di pasarnya.

“Keunggulan utama agen asuransi syariah Sun Life adalah terlatih secara profesional dan memiliki wawasan serta pengetahuan yang luas. Didukung program pelatihan yang lengkap dan berkelanjutan serta besarnya potensi pasar di Aceh, kami berharap dapat merekrut lebih banyak agen MSIE dari daerah ini yang akan membantu menyebarkan manfaat asuransi syariah ke masyarakat lebih luas lagi,” ujar Norman.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Aceh di tahun 2015, jumlah penduduk usia produktif di Aceh mencapai lebih dari 2,1 juta jiwa dan menjadikan Aceh sebagai pasar yang menjanjikan dan berpotensi menciptakan peluang bisnis asuransi syariah bagi masyarakat di provinsi ini.

IPada kesempatan yang sama, Muhammad Amin, Direktorat Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi masih rendahnya pangsa pasar asuransi syariah adalah rendahnya tingkat literasi dan keyakinan masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan.

“Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2016 menunjukkan masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi ‘baik’ terhadap industri asuransi relatif rendah, terutama terhadap asuransi syariah. Indeks literasi asuransi hanya mencapai 15,76%, turun dari survei tahun 2013 yaitu 17,84%. Sementara itu, tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei 2013 di angka 11,81%. Artinya, dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi” ujar Muhammad Amin.

Senada dengan pernyataan OJK, Ah. Azharuddin Lathif, Pengurus Pusat MES yang juga merupakan pakar asuransi syariah mengaku optimistis sektor asuransi syariah dapat mempertahankan tingkat pertumbuhan di kisaran 15% - 20% pada 2017.

MES yakin, Aceh sebagai satu-satunya provinsi yang menerapkan syariat Islam di Indonesia, dapat menjadi pusat pengembangan ekonomi syariah nasional. Hal ini juga didukung prinsip dari asuransi syariah yang sejalan dengan prinsip syariat Islam.

Perkembangan industri asuransi syariah selama kurun waktu 2015-2016 terbilang signifikan di tengah perlambatan ekonomi. Per Oktober 2016 aset asuransi syariah tumbuh menjadi Rp33,41 triliun, atau naik 36% dari periode yang sama di 2015 yang tercatat sebesar Rp24,63 triliun.

Jumlah kontribusi bruto per Oktober 2016 sebesar Rp 9,89 triliun, atau naik 15% dari periode yang sama di 2015 sebesar Rp8,57 triliun. Dari sisi aset, pangsa pasar asuransi syariah masih sekitar 5% dari total aset industri asuransi konvensional yang mencapai Rp917,36 triliun.1

Rangkaian seminar asuransi syariah serupa juga akan digelar di Solo, Jawa Tengah dan Malang, Jawa Timur, pada Maret 2017.

SELESAI

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Shierly Ge
Chief Marketing Officer
Sun Life Financial Indonesia
Tel: +6221-5289-0000
Faks: +6221 5289-0019
E-mail: shierly.ge@sunlife.com
www.sunlife.co.id

1 Data Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK), per September 2016

Tentang Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Kami menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun. Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi kami.

Sun Life Financial Indonesia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2016 termasuk:

  1. Meraih predikat “Sangat Bagus” untuk produk Unit Link dari Majalah Infobank dalam “Infobank Unit Linked Awards 2016”. Penghargaan ini diberikan kepada Sun Life Financial Indonesia untuk produk unit link berikut:
  • Salam Balanced Fund untuk kategori Campuran unit link lima tahun
  • Salam Balanced Fund untuk kategori Campuran unit link tiga tahun
  • Brilliance Xtra Progressive untuk kategori Campuran unit link tiga tahun
  • Brilliance Xtra Progressive untuk kategori Campuran unit link satu tahun
  • Maxi Fund 1 untuk kategori Saham unit link satu tahun
  1. “”Excellent Service Experience Award 2016” dari Carre CCSL (Center for Customer Solutions & Loyalty) & Loyalty)
  2. Meraih penghargaan CSR untuk kategori kesehatan dan pendidikan dari Koran Sindo.
  3. Meraih predikat “Excellent” untuk penghargaan Customer Service Email Centres kategori Industri Asuransi dari CARRE Center for Customer Satisfaction & Loyalty Company dalam penghargaan “Contact Centre Service Excellent 2016”.
  4. Meraih predikat “Excellent” untuk penghargaan Call Centres untuk kategori Industri Asuransi Kesehatan dan Jiwa dari CARRE Center for Customer Satisfaction & Loyalty Company dalam penghargaan “Contact Centre Service Excellent 2016”..
  5. Meraih predikat “Best Family Takaful Provider Indonesia 2015” dari Global Banking dan Finance Review Awards.
  6. Meraih HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2015. Para juri HR Asia Best Companies to Work for in Asia Awards terdiri dari para pakar industri, akademisi, jurnalis, dan perwakilan pemerintah.
  7. “Bronze Award” dalam ajang bergengsi The 8th Annual Global CSR Awards 2016 untuk kategori“Excellence in Provision of Literacy & Education Award untuk Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Kurang dari USD1 Miliar”.
  8. Meraih predikat “Sangat Bagus” untuk kategori perusahaan asuransi jiwa dengan premi lebih dari Rp 1 triliun dari majalah Infobank.
  9. Meraih predikat “Best Takaful Company Indonesia 2016” dari Global Business Outlook Award.
  10. PR of the Year 2016 untuk kategori Social PR Program dan Marketing Program dari majalah Marketing Mi
  11. Penghargaan CSR untuk kategori kesehatan dan pendidikan dari koran Sindo.

Tentang Sun Life Financial

Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk proteksi serta pelayanan nasabah, baik individu maupun korporasi. Sun Life Financial dan mitranya telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 30 September 2016, grup Sun Life Financial memiliki aset kelolaan sebesar CDN908 miliar. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Sun Life Financial, silakan kunjungi www.sunlife.com

Saham Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di Toronto (TSX), New York (NYSE) dan Bursa Efek Filipina (PSE) dengan simbol SLF.

Tentang MES (Masyarakat Ekonomi Syariah)

Masyarakat Ekonomi Syariah adalah organisasi perkumpulan yang berasaskan syariah Islam yang menyelenggarakan pembangunan sinergi dan kemitraan lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan ekonomi syariah, mewujudkan silaturahim diantara pelaku-pelaku ekonomi, professional dan lembaga yang berkaitan dengan ekonomi syariah serta mendorong pengembangan kegiatan ekonomi syariah di Indonesia termasuk dalam hal asuransi syariah.